-As long as you’re still breathing, what’s the matter?-

Menu

Home

Contact

My Journey

Achievements

Baca Berita Tanpa Dusta di IDN App, Aplikasi Berita yang Dibaca Jutaan Pasang Mata

Sep 6, 2020 | Blog Competition

Gambar Puisi Singkat

Zaman sekarang, rasanya mudah banget untuk mengetahui berbagai informasi. Kita enggak perlu lagi menunggu surat kabar yang diantar loper koran tiap pagi (tentunya bagi yang berlangganan, ya). Atau kalaupun enggak diantarin, kita pasti sering atau setidaknya pernah membeli koran yang dijajakan di tepi jalan. Penjual koran dengan gercep alias ‘gerak cepat’ menghampiri kita saat lampu merah menyala.

Selain itu, beberapa tahun lalu, masih banyak bertebaran beragam jenis majalah dan tabloid yang terbit mingguan, dua mingguan, bahkan bulanan. Untuk membaca artikel baru, kita harus sabar, walau mungkin kadang menggerutu. Jeda waktu terasa lama berlalu.

Aku masih ingat, dulu kalau mau baca berita, pasti harus lewat koran. Ukuran kertas koran yang jumbo bikin aku kesulitan menaruh koran di meja yang cenderung sempit. Alhasil, koran dibentangkan lebar-lebar memenuhi lantai. Setelah itu, aku pun capcus membaca. Hal yang unik dari koran, berita yang dicetak di halaman pertama biasanya hanya separuh bagian, sementara setengahnya lagi harus dibaca di halaman terakhir. Mau tak mau, untuk membaca artikel, aku jadi membolak-balik kertas terus-menerus sampai ronyok.

Saat ini, kalau mau membaca berita, tak perlu lagi menunggu lama. Cukup duduk manis, gulirkan jemari di atas smartphone, pastikan koneksi internet aktif, maka kita akan mendapatkan ribuan bahkan jutaan berita yang selalu diperbarui tiap detiknya.

Pilih Baca Koran atau Gadget?

Kemajuan teknologi menggeser kebiasaan yang dilakukan di masa lampau. Saat ini, kita bebas membaca berita hanya melalui internet. Sayangnya, saking mudahnya internet diakses oleh siapa saja, banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuat berita palsu alias hoax.

Biasanya, berita hoax paling banyak ditemukan di media sosial serta grup pada aplikasi chatting. Umumnya, berita hoax bertipe gembar-gembor yang dahsyat, memberitakan hal negatif yang merugikan pihak tertentu, fakta unik yang ternyata palsu, hingga hal menggiurkan yang tak masuk akal. Alasan dibuatnya berita hoax tak lain tak bukan untuk menarik audiens.

 

Menolak Hoax dengan Akses Berita Terpercaya

Agar tak berkubang dalam dunia berita hoax, kita perlu lebih jeli memilih sumber informasi. Jika ingin membaca berita melalui internet, cara paling mudah adalah mencari berita melalui mesin pencari. Akan tetapi, kadang berita yang ditampilkan merupakan berita lawas sehingga kurang relevan lagi.

Ciri Berita Hoax

Lebih parah lagi, kadang search engine malah menampilkan hal yang tak kita inginkan. Contohnya, saat mengetikkan kata ‘berita’, bukannya menampilkan link berita, mesin pencari malah memberikan definisi dari kata tersebut. Cara tersebut juga tidak efektif. Bayangkan, setiap kali mau membaca berita, kita harus browsing lagi, baru terhubung ke situs berita. Rasanya kurang praktis.

Solusinya, aku instal sendiri aplikasi baca berita. Jadinya, aku udah enggak perlu baca berita lewat browser. Keuntungan pakai aplikasi, cukup dengan klik ikon aplikasi tersebut, kita langsung bisa terhubung dengan puluhan bahkan ratusan berita terbaru. Enggak perlu repot-repot lagi pakai googling segala. Hemat waktu, hemat kuota.

IDN App, Aplikasi Baca Berita

Pernah mendengar situs IDN Times, sobat? Situs layanan informasi yang telah berdiri sejak 8 Juni 2014 ini menyediakan beragam berita dan artikel yang bisa memuaskan hasrat keingintahuan kita (cie elah, bahasanya). Selain memiliki situs yang bisa diakses lewat browser, IDN Times juga punya aplikasi sendiri, loh.

Gambar IDN App

 

Asal Usul yang Mantap Betul

Sebelum dikenal dengan nama IDN App, ternyata aplikasi ini sudah diluncurkan pada 21 September 2018 dengan nama IDN Times, nama yang sama persis dengan nama situsnya. Hanya saja, sejak 18 Juni 2020 lalu, barulah nama baru disematkan kepada aplikasi ini. Perubahan ini juga bukan dilakukan asal-asalan, loh. IDN App hadir dengan visi misi yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini.

CEO IDN Media

Dengan re-branding yang dilakukan, CEO dari IDN Media—perusahaan yang menaungi IDN Times, Winston Utomo, menyebutkan bahwa IDN App dibuat untuk menjadi plaftorm konten terpercaya, terutama bagi generasi milenial serta generasi Z. Buktinya, IDN Times dirombak habis-habisan dan diganti dengan IDN App yang menyediakan lebih banyak fitur.

Kenapa Generasi Milenial dan Z?

Sekadar informasi, nih, generasi milenial (sering juga disebut dengan generasi Y) lahir pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Sementara itu, generasi Z lahir tahun 1998-2010. Nah, masing-masing generasi punya ciri khasnya masing-masing. Berdasarkan data dari Pew Research Center, kedua generasi ini paling banyak terekspos oleh kemajuan teknologi.

Bukti nyatanya, generasi milenial dan Z kerap mengandalkan gadget untuk beraktivitas. Saat ini, kemajuan teknologi bahkan sudah tiba di era IoT alias internet of things, di mana aktivitas sehari-hari bisa digabungkan dengan teknologi. Penggunaan dompet digital serta pemanfaatan komputer dan robot untuk mempermudah pekerjaan, menjadi beberapa contoh kemudahan yang kita rasakan saat ini.

Generasi Milenial dan Z

Oleh karena itu, IDN App menyasar kaum milenial serta generasi Z. Ekspos kaum ini terhadap teknologi merupakan yang terbesar. Selain itu, mereka juga semakin cerdas dan menginginkan semua hal menjadi lebih simpel, efisien, dan efektif. Tak hanya itu, generasi milenial dan Z sudah semakin kritis dalam menghadapi sesuatu.

 

Fitur IDN App yang Dibungkus dengan Berbagai Kelebihan

Ukuran Aplikasi yang Ringan, Tak Membuat Memori Kelimpungan

Kalau ada teman-teman yang mikir, “Buat apa susah-susah download aplikasi berita? Bukannya malah makan memori?”, tak perlu khawatir sebab ukuran IDN App tergolong kecil. Ukuran aplikasi yang tak lebih dari 10 MB ini membuat memori telepon kita tetap lega meskipun ruang kosong tak banyak tersedia. Jadi, buat yang pake ‘HP kentang’, jangan khawatir. Dengan ‘mengorbankan’ sedikit memori, kita bisa mendapatkan reading experience yang jauh lebih menyenangkan!

 

User Interface yang Simpel, Memberikan Experience Terbaik

Pertama kali membuka IDN App, kita langsung disuguhi tampilan news feed yang berbentuk drop down scrolling. Artinya, kita hanya perlu menggulirkan layar ke bawah untuk melihat judul-judul berita. Berita ini ditampilkan dari berbagai kategori. Selain memberi asupan berita baru agar kita enggak kudet, beritanya pun merupakan berita pilihan alias populer.

Di halaman utama aplikasi, ada deretan berita yang dikelompokkan ke dalam beberapa section. Dengan pembagian ini, kita bisa memasuki sub-menu dengan lebih mudah. Tak salah jika julukan aplikasi berita terlengkap disematkan pada IDN App.

Menu IDN App

 

Tanpa Iklan dan Embel-Embel ‘Bersambung’, Membaca Kian Menyenangkan

Sejujurnya, ini menjadi salah alasan utama aku memilih untuk instal aplikasi daripada baca lewat browser. Biasanya, kalau kita baca berita pakai browser, pasti di tiap artikel ada saja iklannya. Mulai dari yang terpampang di atas artikel, tengah-tengah artikel, maupun ujung artikel. Parahnya lagi, ada juga iklan berjenis pop up yang memakan satu halaman layar. Pop up yang berupa gambar masih bisa ditoleransi. Terkadang, iklan yang muncul malah berupa video yang terputar otomatis. Kuota jadi cepat habis!

Selain itu, sobat pasti sering menemukan sebuah artikel yang dikemas menjadi beberapa part, bukan? Masalahnya, artikel tersebut sebenarnya hanya merupakan satu artikel pendek yang dipotong-potong sampai jadi super-pendek. Untuk apa, coba, artikel 500 kata dipotong sampai 2 hingga 3 halaman? Baru baca sedikit, kita harus klik halaman selanjutnya. Ribet! Artikelku yang berjumlah sekitar 2000 kata ini saja hanya kubuat jadi satu bagian. Kalau mengikuti sistematika penyedia berita tertentu, bisa-bisa artikelku ini dibikin berjilid-jilid sampai belasan part.

Dengan menggunakan IDN App, kita bisa menghindari semua itu. Tentunya kegiatan membaca pun jadi lebih menyenangkan. Tambahan lagi, yang pasti, kita enggak sakit mata dan sakit hati gara-gara isi konten malah lebih sedikit dari isi iklan di halamannya, hehehe ….

 

Berita Akurat Tanpa Clickbait yang Sok Memikat

Sering menemukan artikel yang enggak nyambung sama sekali dengan judulnya? Atau mungkin judulnya cuma menyinggung sedikit tentang isi bacaan? Dulunya aku sering banget, nih, membuka artikel seperti ini. Biasanya, artikel clickbait ini punya judul yang mengundang rasa penasaran. Saat dibuka, dapatnya zonk, alias enggak menggambarkan informasi di judul. Bukannya senang, ujung-ujung aku malah jadi berang.

Pengertian Clickbait

Untungnya, IDN App punya banyak sumber berita menarik yang sudah dikurasi oleh tim redaksi IDN. Oleh karena itu, kita tak akan menemukan artikel-artikel enggak jelas yang dibuat secara asal-asalan hanya demi memenuhi kuota berita. Setiap artikel di IDN digarap dengan apik dan menarik. Mulai dari artikel tentang teknologi, olahraga, kesehatan, fiksi, kuis, opini, dan masih banyak lagi, bisa kita akses dengan mudah.

 

Cuap-Cuap di Fitur Tanya Jawab

Bosan hanya membaca berita? Ingin ikut berpartisipasi dalam forum yang aktif? IDN App juga menyediakan forum diskusi antarpengguna. Melalui fitur Tanya Jawab, kita sebagai user bisa menuliskan pertanyaan tentang topik apa pun. Usai dipublikasikan, kita pun akan mendapat feedback dari pengguna lain. Selain bertanya, kita juga tentu bisa menjawab pertanyaan yang diajukan orang lain.

Dengan adanya fitur ini, kita para generasi milenial dan Z bisa aktif bertukar pikiran. Selain menambah wawasan, memperluas pertemanan, kita juga membuka pikiran kita dan menjadi lebih open minded. Fitur ini sangat digemari pengguna. Buktinya, 30 hari usai diluncurkan, area Tanya Jawab sudah diisi lebih dari 50.000 pertanyaan dan jawaban dari users di aplikasi ini.

 

Fitur Interaktif di Setiap Artikel

Menemukan berita bagus yang ingin kamu bagikan pada temanmu? Dengan menggunakan IDN App, semuanya lebih mudah dilakukan. Di bagian pojok bawah, ada menu yang memungkinkan kita langsung membagikan artikel melalui WhatsApp serta aplikasi lainnya.

Andaikan kita ingin menyimpan artikel untuk dibaca lagi di masa mendatang, gunakan fitur bookmark. Dengan fitur ini, kita bisa menyimpan artikel ke ‘rak buku virtual’ yang dimiliki. Artikel akan diurutkan berdasarkan waktu penyimpanan. Artikel yang baru ditambahkan akan masuk ke urutan paling bawah. Saat ingin mengakses kembali, cukup tekan menu Profile dan pilih Bookmark.

Fitur IDN App

Selain itu, kita juga bisa memberikan komentar pada artikel. Cukup klik menu komentar (terletak di bagian bawah paling tengah). Secara otomatis, kita akan diarahkan menuju kolom komentar yang terletak di bagian paling bawah artikel. Cara ini cukup praktis karena kita tak perlu nge-scroll secara manual sampai tangan pegal.

 

Tulis-Menulis di Fitur yang Dirilis IDN App

Masih merasa belum cukup aktif dan produktif? Tidak hanya melancarkan pertanyaan serta menjawab berbagai hal yang ditanyakan orang lain, kita bahkan bisa menjadi penulis di IDN App! Cara bergabung menjadi kontributor di IDN App tergolong mudah. Cukup ikuti segala ketentuan penulisan, lalu tinggal menunggu verifikasi dari tim editor IDN App. Jika artikel diterima dan sukses terbit, maka kita akan dihadiahi poin. Poin tersebut nantinya bisa ditukar dengan berbagai hadiah. Keren enggak, tuh? Selain sebagai tempat mengumpulkan pundi-pundi, kita bisa melatih kemampuan menulis di IDN App.

 

IDN App, Portal Sarat Berita Akurat yang Menjadi Pilihan Tepat

IDN App menjadi solusi terbaik bagi kita yang ingin membaca berita secara ringkas dan mudah. Menjadi bagian dari situs IDN Times, IDN App unggul dengan tampilannya yang clean tanpa adanya iklan. Tiap artikel juga telah dikurasi oleh moderator sehingga hanya artikel yang lolos saring yang akan tertampil. Jika sobat sudah lelah dengan portal berita abal-abal ataupun artikel hoax yang bertebaran, maka aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100.000 kali ini menjadi pilihan yang tepat bagi kita.

 

Review Akhir IDN App

Tak ada gading yang tak retak, itu kata pepatah. Berdasarkan IDN App versi 6.5.0 yang juga saya ulas di Play Store, ada beberapa poin yang masih bisa dibenahi untuk meningkatkan user experience.

Review IDN App di Play Store

Pertama, pada bagian fitur komentar, saat ini hanya tersedia keterangan tanggal, bulan, dan tahun komentar ditambahkan. Agar lebih lengkap dan jelas, IDN App bisa menambahkan keterangan jam. Selain itu, agar lebih interaktif, fitur upvote dan downvote juga boleh ditambahkan. Supaya semakin ramai, pengguna pun sebaiknya dapat mengomentari komentar dari pengguna lain. Jadinya, sebuah komentar bisa dikomentari orang lain lagi.

Kedua, pada bagian bookmark, sebaiknya pengguna diberikan kemudahan untuk mengurutkan artikel yang disimpan (misalnya berdasarkan waktu artikel terbaru atau terlama, kategori artikel, hingga judul). Tidak hanya itu, andaikan pada bagian bookmark pengguna bisa juga menggunakan fitur search, tentu akan efisien. Hal ini sangat berguna, terutama jika pengguna sudah menyimpan banyak artikel di bookmark-nya.

Saran untuk IDN App

Overall, aplikasi IDN App bisa diandalkan untuk diajak berselancar membaca berita dan artikel, bahkan platform untuk diskusi. Berbagai keunggulan dimiliki IDN App, mulai dari tampilan yang user friendly sekaligus bersih, kemudahan akses berita, serta fitur sharing, komentar, sekaligus forum tanya jawab. IDN App bahkan menjadi wadah bagi kita agar dapat berperan dua sisi: menjadi pembaca dan penulis. Jadi, sudahkah sobat mengunduh aplikasi yang satu ini? Sudah siapkah sobat untuk mengisi hari dengan berita bermanfaat dan artikel yang membangun? Berantas hoax dengan menjadi user cerdas bersama IDN App, portal berita terpercaya.

Kesimpulan IDN App

Yuk langsung klik di sini untuk menuju Play Store (Android) atau App Store (iOS).

About Me

Gadis kelahiran 2000 yang menjadi cancer survivor sejak usia 17 tahun. Karena tak tahu hingga kapan akan bertahan, ia pun mulai meninggalkan jejak-jejak berupa tulisan. Seluruh isi blog ini merupakan buah pikirannya.

What Are You Looking For?

What’s in My Blog?

Day by Day

Member of:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *