-As long as you’re still breathing, what’s the matter?-

Menu

Home

Contact

My Journey

Achievements

BebasBayar, Aplikasi Transfer Uang Teranyar yang Anti-Ambyar

Sep 21, 2020 | Blog Competition

Less Cash with Cashless Payment

 

“Vi, jangan lupa kirimin Abang sama Kakak uang saku bulanan!”

Udah mau tanggal 20, cepat bayar air! Kalau telat, nanti didenda!”

“Token listrik toko udah mau habis, kamu beli, gih!”

Beberapa kalimat tersebut hanya tiga dari sekian banyak perintah yang kerap dilontarkan oleh baginda ratu alias ibu saya tercinta. Sejak saya duduk di bangku SMA, orang tua saya memang sengaja membukakan saya sebuah rekening. Tujuannya tak lain tak bukan guna mempermudah keluarga kami untuk mengirimkan uang kepada kedua saudara saya yang sedang kuliah di luar kota. Maklum, orang tua saya termasuk gaptek. Mau tak mau, saya si bontot di rumah pun menjadi perpanjangan tangan orang tua dalam mengirimkan uang.

Selain mengirimkan uang bulanan untuk abang dan kakak saya, kami pun menggunakan metode pembayaran cashless untuk membayar tagihan air, listrik, bahkan hingga pengisian pulsa telepon. Tak terhitung pula berapa kali kami menggunakan metode pembayaran tanpa uang tunai untuk membeli tiket pesawat hingga tiket penginapan.

Selain praktis, metode pembayaran ini pun tergolong jauh lebih cepat. Dulunya, ayah saya selalu pergi ke bank untuk mengirimkan uang kepada saudara saya. Karena rata-rata bank hanya buka dari Senin sampai Jumat dan tutup cukup awal, ayah saya yang membuka toko dari pagi sampai sore pun harus jeli mencuri-curi waktu luang untuk sekadar pergi ke bank. Untungnya, saat ini keseharian kita dimudahkan dengan kemajuan teknologi.

Keuntungan Pembayaran Cashless

 

Masalah yang Selalu Ada

Tiada hidup tanpa masalah, itu slogan hidup setiap manusia. Bukankah begitu? Setiap di antara kita pasti dihadapkan dengan masalah, apa pun itu. Seperti ketika kita bingung mau makan apa esok hari karena sedang bokek, saat Maudy Ayunda galau memilih kuliah di Harvard atau Stanford, atau ketika Nia Ramadhani bingung mau beli tas keluaran Chanel atau Dior (eh, tapi kayaknya sekelas doi pasti bisa, deh, beli segunung tas bermerek). Pasti kita pernah dihadapkan dengan keadaan yang kurang mengenakkan.

Kembali ke laptop dunia nyata, saya tahu bahwa tak semua orang seberuntung saya, bisa memiliki akun rekening di usia yang tergolong belia. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ternyata orang dewasa yang memiliki rekening bank di tahun 2019 hanya berjumlah sekitar 60%. Artinya, 40%-nya belum tersentuh oleh kemudahan yang ditawarkan bank mulai dari penggunaan ATM, internet banking, hingga mobile banking.

Jumlah Pengguna Bank

Pernah tidak, sobat harus pergi ke bank untuk transfer ini-itu? Proses transfernya mungkin tak terlalu lama. Saat berhadapan dengan teller, kita langsung menyerahkan formulir yang sudah kita isi (dan tentunya sambil menyerahkan uang, hehe). Masalahnya, yang bikin dongkol itu justru bagian antre-mengantrenya! Jika bank sedang ramai, maka otomatis kita menunggu lebih lama. Hal ini sangat tidak praktis karena kita harus membuang waktu sekaligus tenaga.

Meskipun begitu, sobat ternyata tak perlu pusing lagi menghadapi kejadian seperti itu. Bahkan, ternyata saat ini ada aplikasi transfer uang yang bisa dipakai hanya dengan menggunakan internet, loh. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang membuat hal-hal ribet berubah jadi simpel. Tentu jadi penasaran, bukan?

BebasBayar, Aplikasi yang Membuatmu Bebas Kapan Saja Mau Bayar

Ialah BebasBayar, aplikasi keuangan digital yang memudahkan mobilitas manusia sehari-hari dengan fitur utamanya berupa transfer uang. Aplikasi yang pertama kali dirilis pada 28 April 2015 ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali, loh. Didapuk sebagai aplikasi keuangan serbabisa, BebasBayar yang diprakarsai PT Bimasakti Multi Sinergi ini juga punya pengguna aktif lebih dari 1.6 juta orang. Jadi, bisa dikatakan bahwa kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Karena penasaran, saya pun mencoba untuk melakukan registrasi akun BebasBayar untuk segera menikmati fitur-fiturnya. Aplikasi yang saya unduh merupakan versi terbaru (hingga saat artikel ini ditulis), yakni versi 4.1.3 yang dirilis pada 10 September 2020. Ukuran aplikasinya yang hanya 19.47 MB tergolong kecil sehingga tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan. Cocok digunakan di smartphone keluaran terbaru bahkan HP kentang’ sekalipun.

Aplikasi BebasBayar

 

Cara Menggunakan BebasBayar

Untuk menggunakan BebasBayar, sobat bisa mengunduhnya di Play Store jika menggunakan sistem operasi Android, atau bisa juga di App Store jika menggunakan iOS.

Pertama kali mengunduh BebasBayar, kita langsung dihadapkan pada opsi registrasi. Oh ya, sebelumnya, jangan lupa untuk memberikan persetujuan BebasBayar untuk membaca keadaan perangkat, mengakses kamera untuk proses scan QR, sekaligus membaca dan menulis di media penyimpanan. Persetujuan ini dibutuhkan agar aplikasi BebasBayar bisa berjalan sempurna di telepon. Setelah itu, barulah kita membuat akun di BebasBayar.

Langkah pendaftarannya sangat mudah. Kita hanya perlu memasukkan nomor telepon yang digunakan. Lantas, kita diarahkan ke halaman lain yang berisi informasi berupa nama lengkap, email (bersifat opsional, jadi artinya boleh dimasukkan, boleh juga tidak), serta kode PIN berupa 6 digit angka.

Jika kita sebelumnya sudah memiliki akun, kita juga login dengan cara yang sama. Cukup masukkan nomor telepon, lalu masukkan kode PIN. Kode PIN ini semacam password, bedanya berupa angka dan sudah ditentukan jumlahnya.

Sign In dan Sign Up BebasBayar

Setelah mendaftar atau login, kita langsung diarahkan ke halaman utama BebasBayar. Halamannya berisikan banner promo, keterangan saldo dan bonus yang kita miliki, serta ikon fitur di BebasBayar. Tampilan aplikasinya bersih, simpel, dan sederhana. Aplikasinya cukup user-friendly sehingga mudah dioperasikan.

Terdapat setidaknya 21 menu utama yang ditawarkan BebasBayar. Fitur tersebut antara lain Bayar Rutin, Transfer 147 Bank, Top Up E-Money, PLN, Pulsa & Data, Tiket Kereta, Tiket Pesawat, BPJS, PDAM, Telkom & Indihome, Voucher Game, TV Kabel, Asuransi, Kartu Kredit, Cicilan, Pascabayar, Zakat, Gas PGN, Pajak Kendaraan, Pajak Daerah, serta Transfer Member. Sesuai nama menunya, kita bisa melakukan pembelian atau pembayaran. Terhitung BebasBayar memiliki layanan lebih dari 1.000 produk.

Menu BebasBayar

 

Menu Andalan, Transfer Uang di BebasBayar

Karena banyak yang mengatakan bahwa transfer uang di BebasBayar sangat mudah, saya jadi penasaran untuk melakukan review fitur transfer uang di BebasBayar. Sebelumnya, kita harus melakukan verifikasi akun untuk mengaktifkan fitur Transfer Dana. Cara verifikasinya cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Kita cukup menyediakan KTP, SIM, atau paspor. Punya sendiri ya, jangan lupa orang tua, saudara, apalagi tetangga, hehe….

Potret kartu identitas kita, pastikan setiap keterangan tampak dengan jelas. Setelah itu, jangan lupa jepret foto selfie kita sambil memegang kartu identitas tersebut. Apa tujuan dari verifikasi? Tentu saja tak lain tak bukan agar tim BebasBayar bisa memastikan bahwa kamu merupakan pengguna yang berada di jalan kebenaran (cie, bahasanya). Karena urusan uang sangat sensitif, tentu saja pihak BebasBayar harus tahu siapa yang sedang menggunakan layanannya.

 

Top Up Saldo Dahulu, Transfer Uang Kemudian

Dari tadi, saya sudah menyebutkan bahwa BebasBayar merupakan aplikasi transfer uang. Pertanyaannya, uang yang ditransfer itu berasal dari mana? Tentu saja uang kita, dong. Masa’ uang orang lain? Jadi, sebenarnya, kita harus menambah saldo terlebih dahulu. BebasBayar berafiliasi dengan SpeedCash yang juga merupakan besutan PT Bimasakti Multi Sinergi. Jadi, saldo yang di-top up ke BebasBayar akan bernama ‘saldo SpeedCash’. SpeedCash ini merupakan layanan dompet digital. Sobat tak perlu bingung tentang penggunaannya, karena secara umum kita akan menggunakan aplikasi BebasBayar untuk transaksi.

Top Up Saldo

Ada banyak cara bagi kita untuk menambahkan saldo ke akun BebasBayar milik kita. Topup saldo bisa melalui virtual account billing (BRI, Permata, BNI, Mandiri), transfer bank (BCA, BNI, BRI, Mandiri), maupun melalui minimarket/outlet (Alfamart, Indomaret, dan toko modern FastPay).

Bagi yang tidak memiliki rekening, pembayaran melalui outlet sangat memudahkan. Kita hanya perlu pergi ke outlet yang berafiliasi dengan BebasBayar. Contohnya, di dekat rumah saya, terdapat Alfamart/Indomaret yang bertebaran. Saya tinggal pergi ke tempat tersebut, lalu mengisi saldo akun BebasBayar saya. Kalau teman-teman masih bingung caranya, coba tonton video di bawah ini.

Alfamart

Indomaret

 

Transfer Bank Mudah dengan Biaya Admin Termurah

Jika kita sudah memiliki saldo, artinya kita bebas untuk melakukan transfer uang kapan pun dan di mana pun. Layanan BebasBayar bisa digunakan selama 24 jam, artinya tengah malam atau bahkan saat masih subuh pun, kita sudah bisa mentransfer uang (eh, tapi mau transfer ke siapa, subuh-subuh hari begitu?).

BebasBayar menawarkan transfer bank dengan biaya admin termurah. Kalian pasti tahu, bukan, apa itu biaya admin transfer antar-bank? Jadi, kalau kita mengirim uang ke bank yang sama dengan kita, umumnya kita tak perlu membayar biaya admin. Contohnya, saya punya akun BCA, akan mentransfer ke teman saya yang juga memakai BCA. Saya tidak akan dikenakan biaya admin.

Lain halnya jika saya mentransfer ke nomor rekening yang menggunakan bank berbeda. Misalnya, saya memakai BCA, lalu ingin transfer ke BNI, maka saya akan dikenakan biaya admin. Pokoknya, setiap transfer ke bank berbeda, kita pasti harus membayar sejumlah uang tambahan. Sepengetahuan saya, biaya admin ini per transaksinya bernilai Rp6.500,00. Untuk sobat kere seperti saya, uang beberapa ribu rupiah tersebut jika ditumpuk terus-menerus maka pasti menjadi bukit. Artinya, semakin sering bertransaksi, banyak uang yang harus keluar untuk hal-hal tak kasatmata seperti ini.

Maka dari itu, BebasBayar berbaik hati menawarkan metode transfer yang jauh lebih murah. Hanya dengan biaya Rp2.500,00 untuk sekali transfer ke lebih dari 147 bank, kita sudah bisa mengirimkan uang ke rekening siapa pun itu, mau keluarga, teman, karyawan, sampai kepada saya (jika ada yang berminat). Kalau ada yang murah, kenapa harus yang mahal?

Sobat bisa lihat lebih jelasnya di video berikut.

 

Kelebihan Transfer Uang di BebasBayar

BebasBayar sukses membuat kita bebas untuk bayar apa pun, kapan pun, dan di mana pun. Terlebih lagi, fitur transfer uangnya punya segudang kelebihan. Jika belum memiliki rekening, BebasBayar sangat mempermudah kita dalam urusan transfer-mentransfer. Sementara itu, jika sudah punya rekening, kita pun bisa memakai BebasBayar karena biayanya yang jauh lebih mudah jika dibandingkan transfer bank secara manual.

Fitur ini cocok banget untuk kita-kita yang tidak punya rekening bank, malas pergi ke bank karena antri teller bisa puluhan menit bahkan berjam-jam, atau mungkin lokasi kita berada tidak terjangkau oleh bank. Selain itu, fitur ini cocok untuk kita yang mau hemat karena biaya transfer uangnya bisa dibilang termurah jika dibandingkan dengan layanan bank biasa. Selain diperuntukkan bagi yang belum punya rekening, bagi sobat yang membuka online shop juga bisa mengandalkan BebasBayar untuk transfer ke supplier yang beda bank. Terlebih lagi, kalau kamu suka belanja online, tak ada lagi kendala biaya semakin mahal gara-gara harus transfer ke online shop yang beda bank.

 

Penilaian Akhir BebasBayar, Pantas Dinobatkan sebagai Aplikasi Anti-Ambyar

Pernah diiming-imingi biaya transfer murah, tetapi dana masuk lamanya minta ampun? Bukannya untung malah buntung. Jika berurusan dengan klien atau perusahaan yang butuh tenggat waktu, tentu kita bisa didamprat habis-habisan. Atau mungkin jika ada hal penting, nantinya justru malah tidak tertangani dengan baik. Jangan sampai seperti itu! Untungnya, BebasBayar punya sistem yang sangat bagus. Saat mengirimkan dana, otomatis di saat itu juga dana akan terkirim ke rekening tujuan secara real-time. Secara keseluruhan, pelayanannya juga memuaskan, sesuai dengan taglinenya ‘Praktis Menguntungkan’.

Kesimpulan BebasBayar

Jadi, jika kamu sedang mencari cara agar kirim uang lebih mudah, belanja produk digital seperti tiket pesawat, tiket kereta, top up saldo game, OVO, beli pulsa, dan lain sebagainya, BebasBayar bisa menjadi pilihan. Dengan ekosistem yang lengkap, BebasBayar siap menemani kita. Sekarang, tinggal kita yang memilih: mau ribet atau gampang, mau mahal atau murah? Semua kembali lagi kepada kita masing-masing. Be a smart consumer!

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog BebasBayar. Sudah ikutan?

 

Referensi:
bebasbayar.com/transfer-uang
finance.detik.com/moneter/d-4522143/ojk-sebut-cuma-60-orang-ri-punya-rekening-bank

About Me

Gadis kelahiran 2000 yang menjadi cancer survivor sejak usia 17 tahun. Karena tak tahu hingga kapan akan bertahan, ia pun mulai meninggalkan jejak-jejak berupa tulisan. Seluruh isi blog ini merupakan buah pikirannya.

What Are You Looking For?

What’s in My Blog?

Day by Day

Member of:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *