-As long as you’re still breathing, what’s the matter?-

Menu

Home

Contact

My Journey

Achievements

Hidup Lebih Sehat dengan Alat Masak Hebat, Pakai Debellin Aja!

Dec 31, 2020 | Blog Competition

Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tahun 2020, sebuah tahun yang menguras emosi. Seluruh dunia menangis, berjuang sekuat tenaga untuk bertahan dari pandemi. Sejak hadirnya pandemi COVID-19, kita semua pun semakin disadarkan bahwa kesehatan adalah hal nomor satu. Tidur cukup dan teratur, mengatur pola makan, serta berolahraga setiap hari menjadi hal-hal yang wajib dilakukan. Masyarakat, tak terkecuali saya, mengubah gaya hidup yang awalnya acak-acakan menjadi lebih sehat.

Sesungguhnya, kehidupan pribadi saya sendiri tak ubahnya seperti roller coaster sejak beberapa tahun terakhir. Singkatnya, pada tahun 2017, tubuh saya mulai menunjukkan gejala tak normal. Demam tinggi disertai tubuh menggigil, nyeri di bagian tertentu yang tak tertahankan, serta munculnya benjolan di tubuh membuat saya bertanya-tanya: ada apa?

Rupanya oh rupanya, setelah melakukan pemeriksaan, saya dinyatakan terkena penyakit limfoma, salah satu jenis kanker darah. Setelah bertahun-tahun sempat mencoba berbagai obat, kondisi membaik, lalu memburuk lagi, saya pun dikemoterapi pada Mei 2019 lalu. Perjuangan saya belum cukup sampai di situ. Pada akhir Desember 2019 (bertepatan dengan COVID-19 yang merebak di luar negeri), kondisi saya justru bertambah parah hingga saya harus dikemoterapi ulang disertai transplantasi sumsum tulang. Untunglah, setelah menjalani pengobatan, saya pun sembuh.

Sebagai seorang survivor kanker, saya membulatkan tekad untuk hidup sehat. Teknik utamanya (yang selalu menjadi nasihat orang-orang), saya menghindari memakan makanan yang tidak sehat. Contoh panganan tersebut antara lain makanan kalengan, makanan yang dibakar, serta makanan yang digoreng dengan minyak bekas pakai. Saya juga sudah memperbanyak asupan sayuran dan buah.

Saya tentu tak ingin kembali jatuh sakit. Apalagi, dengar-dengar, orang yang menderita penyakit kronis rentan untuk terkena COVID-19. Oleh karena itu, pencegahan yang bisa kita lakukan, selain tentunya menjaga jarak dan kebersihan, tak lain tak bukan adalah dengan mempraktikkan pola hidup sehat. Namun, ternyata, langkah-langkah tersebut belum cukup! Memasak makanan sehat memang bermanfaat, tetapi peralatan memasak menjadi ‘koentji’ hidup sehat!

Pengaruh Alat Masak terhadap Kesehatan

Mungkin, sobat sekalian akan bertanya-tanya: kenapa bisa seperti itu? Tidak cukupkah makan makanan sehat? Memangnya, ada korelasi apa antara alat masak terhadap kesehatan, sih? Rasanya, kita dari dulu pakainya alat masak itu-itu saja, lalu apa masalahnya? Ternyata, tidak semua alat memasak itu aman! Berdasarkan laman informatif Bright Side, setidaknya ada beberapa bahan dasar cookware yang secara tak langsung bisa memengaruhi kondisi kesehatan kita. Apa sajakah itu?

Memang, sih, risikonya tidak langsung terlihat. Akan tetapi, coba bayangkan, berapa kali dalam sehari kita memasak? Katakanlah satu sampai dua kali. Lalu, selama bertahun-tahun, kita menggunakan alat masak yang tidak aman. Risiko tersebut pun bertambah dan terus bertambah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih alat masak yang sehat.

Sebagai gadis yang baru menginjak kepala dua dan jarang ‘bermain’ di dapur, saya sebenarnya kurang fasih dengan jenis-jenis alat masak. Bagi saya, alat masak ya hanya kuali atau panci berbahan aluminium serta panci berbahan teflon. Soalnya, di rumah, adanya cuma ada itu, hehe. Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan, saya pun segera googling tentang panci sehat.

Debellin Premium Cookware, Panci Premium Berteknologi Jerman

Berkenalan dengan Debellin dan Teknologinya

Usai cari informasi ke sana-sini, aku pun ‘berjumpa’ dengan Debellin, perusahaan penghasil alat masak berkualitas, yakni Debellin Premium Cookware. Apa sobat sudah pernah dengar? Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2018 ini memproduksi 55 produk panci premium berbahan coating granite. Bukan kaleng-kaleng, Debellin Premium Cookware menggunakan teknologi Greblon dari Jerman.

Bisa dibilang coating atau pelapis berbahan granit inilah kunci mengapa panci Debellin aman bahkan direkomendasikan bagi kesehatan. Selain tidak mengandung zat berbahaya, produk Debellin juga membuat makanan tidak lengket saat dimasak. Alhasil, kita bisa meminimalisir penggunaan minyak. Kita tak perlu lagi memakan makanan yang gosong akibat kekurangan minyak. Selain itu, semakin sedikit minyak yang digunakan, semakin sehat pula asupan kita.

Sudah cukup sampai di situ? Tentu jawabannya tidak! Debellin dengan prinsip memasak simple, healthy, and easy ini masih punya banyak keunggulan yang membuat kita semakin yakin untuk memilih cookware series dari Debellin. Saya akan mulai dari kelebihan yang menurut saya paling dibutuhkan, serta yang terakhir adalah hal-hal tambahan yang bikin kita jadi semakin ingin memilikinya.

Keunggulan Debellin Premium Cookware

PFOA Free

Menurut saya PFOA Free menjadi faktor terpenting dalam memilih cookware. Nasi sudah menjadi bubur, saya sudah pernah menghadapi kanker. Oleh karena itu, saya sebisa mungkin menghindari hal-hal pemicu kanker. Karena Debellin Premium Cookware bebas dari zat beracun seperti PFOA, kita wajib mempertimbangkan hal ini. Ingat, lebih baik mencegah (lagi) daripada tidak sama sekali. Supaya tubuh sehat selalu, selalu pastikan alat masak tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Bisa Memasak Tanpa Minyak

Karena punya permukaan berbahan granit, bahan makanan tidak akan lengket ke panci. Jadi, kita bisa menggunakan sedikit minyak atau bahkan memasak tanpa minyak sama sekali. Dengan pengurangan minyak dalam masakan, kita bisa mengurangi risiko stroke, diabetes, obesitas, hingga kanker.

Lubang Tutup dengan Segudang Manfaat

Biasanya, kalau kita menggunakan tutup tanpa lubang, lama-kelamaan pasti kuah masakan jadi naik, menyentuh permukaan tutup, lalu merembes dari mulut wajan. Menyebalkan, bukan? Untungnya, tutup wajan Debellin didesain dengan 3 lubang khusus. Dengan adanya lubang, risiko makanan tumpah atau meluap saat dimasak pun jadi berkurang. Selain itu, hasil masakan yang dibuat jadi lebih baik karena tutup berlubang tersebut mampu menjaga kandungan nutrisi makanan.

Sayuran Matang Lebih Cepat

Sebagai orang yang selalu memasukkan tumis sayur ke dalam menu makanan sehari-hari, saya rasa fitur tutup Debellin ini patut diacungi jempol. Karena memiliki lubang, membuat tumis sayur dan sup pun bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Ingat, semakin singkat waktu memasak, semakin sedikit juga kandungan nutrisi yang rusak akibat pemanasan.

Kukus Lebih Cepat, Lebih Sehat

Sama seperti menumis, proses pengukusan makanan menggunakan produk Debellin pun jauh hanya butuh waktu singkat. Lebih cepat 30% dibanding alat masak biasa, produk Debellin mampu mempertahankan gizi makanan dan kondisi masakan agar tak mudah kering. Perut-perut lapar pun bisa menyantap sajian dengan lebih cepat.

Mampu Menyimpan Panas

Dengan adanya teknologi coating granit, panci Debellin bisa menyimpan kehangatan selama 1 jam dalam keadaan tertutup. Jadinya, jika masakan tidak langsung dimakan, tak perlu takut makanan keburu dingin.

Sistem Slow Cooking

Produk Debellin cocok untuk diajak memasak sup pekat ala barat atau masakan berbahan daging. Uap panas yang keluar dari tutup kaca ini bersistem ala-ala slow cooker. Panci Debellin membuat daging menjadi empuk sehingga hasil dagingnya juicy dan yang pastinya tasty.

Tutup Kaca Berteknologi Tempered Glass

Selain punya tutup dengan lubang, ternyata bahan tutup juga memengaruhi cepat-tidaknya masakan matang! Debellin dengan jeli memperhitungkan desain tutup kacanya. Ukuran celah panci serta tutup yang pas membuat proses pengempukan daging jadi lebih ngebut. Lalu, yang tak kalah kerennya, tutup kacanya terbuat dari tempered glass yang 5 kali lebih kuat dari tutup panci biasa! Tak perlu takut tutup retak atau pecah, deh!

Cukup Pakai Api Sedang

Cukup dengan api sedang, panas yang dihasilkan produk Debellin setara dengan suhu api besar pada panci lain. Jangan takut, meskipun menggunakan api sedang, masakan tetap matang dengan merata. Buat para ibu-ibu yang rajin hitung-menghitung pengeluaran dapur, bisa jadi jauh lebih hemat, nih!

Cocok untuk Deep Fried

Teknik memasak deep fried kerap kali menimbulkan drama di dunia perdapuran. Kalau memasak menggunakan kuali lebar, biasanya minyak akan bercipratan layaknya air mancur. Kalau setahu saya, sih, yang paling parah itu menggoreng cumi-cumi. Minyaknya bisa memental ke mana-mana. Untungnya, dengan produk Debellin, kita bisa menggunakannya untuk deep fried. Kompor jadi tak kotor akibat cipratan minyak.

Memasak Tanpa Harus Bolak-Balik Mencuci

Dalam satu kali makan, biasanya kita membuat lebih dari satu menu, baik itu tumis sayur, sup, ataupun gorengan. Kalau hanya memiliki satu wajan atau panci, tentu akan cukup repot bolak-balik mencuci alat masak, bukan? Untungnya, dengan menggunakan cookware Debellin, kita cukup menggunakan kitchen towel untuk membersihkan permukaannya. Setelah itu, kita bisa langsung memasak menu selanjutnya. Praktis!

Bobot Lebih Ringan

Ada banyak alat masak yang terlihat menarik, eh, ternyata bobotnya berat minta ampun. Bayangkan, kalau alat masak saja sudah berat, bagaimana jika nanti ditambah dengan masakan yang ada di dalamnya? Tentu jadi kelimpungan sendiri mengangkat panci, bukan? Dengan bahan dasar die cast aluminium yang dilapisi granit, produk Debellin punya bobot yang lebih ringan dibandingkan panci lainnya. Artinya, kita bisa dengan mudah memindahkan alat masak. Aktivitas memasak pun tak lagi terbatasi. Asyik!

Gagang Kuat

Saya punya kuali serta panci yang sudah copot gagangnya. Proses memasak jadi repot karena kuali susah untuk digerakkan. Lalu, saat masakan selesai dibuat, makanan pun susah diambil karena tepi alat masak masih panas. Sedihnya. Untungnya, gagang produk Debellin terbuat dari aluminium berlapiskan corak kayu. Selain kuat dan tak mudah copot, suhunya saat digunakan paling panas hanya sekitar 55 derajat Celcius. Memasak pun jadi mudah.

Cocok untuk Segala Jenis Kompor

Kompabilitas alat masak dengan jenis kompor menjadi faktor penting agar proses memasak berjalan tanpa hambatan. Produk Debellin dapat digunakan di semua jenis pemanas (kecuali untuk Black Mini Series, hanya bisa digunakan pada kompor gas). Untuk varian selain Black Mini Series, produk Debellin bisa diajak memasak pakai kompor gas, kompor induksi, halogen, infrared, hingga kompor api. Karena ‘tidak pilih kasih’, tingkat panas bisa dihantarkan dengan baik walau menggunakan jenis kompor yang berbeda.

Desain Indah dan Eksklusif

Alat masak, ya untuk memasak. Itu memang benar. Akan tetapi, kalau ada alat masak dengan segudang fitur bermanfaat dan punya tampilan indah, mengapa tidak? Produk Debellin punya desain eksklusif serta instagrammable yang membuat kita tak malu untuk cekrek-cekrek hasil masakan. Dengan desain yang cantik, kita bisa langsung menyajikan makanan tanpa perlu memindahkan lagi ke piring saji.

Aman untuk Mesin Pencuci Piring

Kenapa saya letakkan kelebihan ini di bagian terakhir? Soalnya, saya yakin, tidak semua rumah memiliki mesin pencuci piring, hehehe… Namun, kalau misalnya sobat punya mesin pencuci piring di rumah, tak perlu ragu untuk memasukkan alat masak Debellin ke dalamnya! Proses cuci-mencuci pun jadi semakin simpel.

Varian dan Cara Mendapatkan Produk Debellin

Setelah mengetahui berbagai kelebihan cookware Debellin, kita pasti tambah penasaran tentang katalog produknya. Ternyata, Debellin punya banyak varian alat masak, loh! Setidaknya, Debellin punya beberapa series seperti Grey Granite Series, Absolute Series, dan Black Mini Series. Tak cukup sampai di situ, Debellin juga menjual beberapa special product, peralatan limited edition, package cookware, aksesori dapur, serta onderdil alat masak.

Kalau sobat tertarik untuk memiliki peralatan masak dari Debellin, kita bisa mengunjungi website resmi Debellin atau melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Lalu, kalau mau melihat-lihat lebih lanjut, bisa langsung pantengin akun Instagramnya karena ada banyak promo dan penawaran terbaik di sana.

Mari Hidup Lebih Sehat

Pada hari terakhir di tahun 2020 ini, apa teman-teman sudah membuat goals untuk tahun depan? Kalau saya, sih, sudah. Salah satunya ialah ingin belajar memasak. Maklum, untuk mewujudkan asupan makanan yang sehat, saya ingin mengurangi aktivitas makan-makan di luar. Jadinya, saya harus upgrade skill memasak supaya santapan sehari-hari bisa sehat sekaligus enak.

Sebenarnya, ada satu wishlist lagi yang berhubungan dengan masak-memasak. Saya juga ingin upgrade cookware menjadi produk yang lebih sehat dan berkualitas. Namun, apa daya, kantong ‘mahasiswa yang sudah berbulan-bulan tidak diberi uang jajan karena kuliah online’ ini masih belum cukup untuk meminang Debellin Premium Cookware. Kecuali ada yang mau beliin saya produk Debellin, saya mau! Haha

Terakhir, jangan lupa jaga kesehatan, ya! Semoga tahun depan bisa menjadi awal baru yang lebih baik lagi!

About Me

Gadis kelahiran 2000 yang menjadi cancer survivor sejak usia 17 tahun. Karena tak tahu hingga kapan akan bertahan, ia pun mulai meninggalkan jejak-jejak berupa tulisan. Seluruh isi blog ini merupakan buah pikirannya.

What Are You Looking For?

What’s in My Blog?

Day by Day

Yuk, Ikuti Lombanya!

Lomba Blog, Jangan Ketinggalan!

Member of:

6 Comments

  1. jessica

    ayo mulai hidup sehat, kontennya bagus.

    Reply
    • Vivi Yunika

      Terima kasih atas kunjungannya yang super cepat 😀
      Pas artikel ini masih fresh nih, hehe…

      Reply
  2. adistyarani

    Semangat!

    Reply
  3. Agustinus

    Pembahasan mendalam, gambar juga menarik. Semoga menang Mbak

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *