Pasang SSL di SSL Indonesia, Website Aman dari Tangan Jail Manusia

Kisah Masa Lalu

Saya pertama kali punya ‘anak’ pada saat duduk di bangku sekolah dasar. Berlanjut ketika memasuki masa sekolah menengah pertama, saya kembali ‘beranak’. Dulu, semuanya saya lakukan tanpa modal, alias hanya mengandalkan ‘pasangan’ gratisan. Hingga pada tahun 2019, saya memutuskan untuk memiliki ‘anak’ dengan mengeluarkan uang beberapa ratus ribu rupiah.

Eits, jangan su’udzon dulu. Anak yang saya maksud ini bukan manusia, melainkan website. Jadi, sejak kecil saya memang sudah suka menulis dan melampiaskan ide-ide saya pada blog berdomain gratisan. Akan tetapi, saya merasa belum puas. Saya butuh domain yang lebih profesional dengan fitur yang tidak dibatasi. Maka dari itu, saya memutuskan untuk membeli domain sekaligus menyewa hosting.

Mengenal Lebih Dahulu Istilah pada Internet

Website

Website merupakan tampilan atau halaman yang berisikan data. Data tersebut dapat berupa kumpulan tulisan, gambar, atau video. Saat berselancar di dunia maya, maka yang dilihat oleh pengunjung adalah website. Contohnya, saat kita ingin membeli mobil, tentu kita akan datang ke showroom, bukan ke pabrik mobilnya. Jika diibaratkan, maka website sama seperti sebuah bangunan.

Domain

Domain merupakan alamat dari suatu website. Jika website merupakan bangunan, maka domain merupakan alamat dari bangunan tersebut. Domain menuntun pengunjung ke website kita. Jika pengunjung salah mengetikkan domain, maka tentunya akan salah alamat. Contoh domain yaitu viviyunika.com. Bagian depan diisikan dengan kata-kata yang bisa kita ubah, sementara akhirannya berupa ekstensi domain (.com, .id, .xyz, dan lain sebagainya).

Untuk menggunakan domain berakhiran .com dan sejenisnya, maka kita harus mengeluarkan dana. Saat ini, masih banyak penyedia layanan blog gratisan, namun domain yang kita miliki akan menjadi sub-domain dari pihak tersebut. Contohnya yaitu blablabla.wordpress.com atau doremifasolasido.blogspot.com.

Hosting

Sudah punya alamat dan bangunan, tentu aneh jika tidak punya tanah. Bagaimana bangunan tersebut berdiri, coba? Hosting sendiri diibaratkan dengan tanah atau kavling. Hosting menjadi tempat penyimpanan data. Nantinya, data tersebut dikemas sedemikian rupa dan ditampilkan di website.

Seperti pengandaian saya di awal, saya memang menganggap website harus dirawat dengan kasih sayang seperti kita merawat seorang anak. Anggaplah anak tersebut kita biarkan tanpa diberi asupan bergizi, tentu tidak akan ada gunanya. Selain itu, tanpa vitamin, aktivitas anak menjadi lesu. Terlebih lagi, saat bepergian, gunakan pelindung tubuh sehingga keamanan terjaga.

Bayangkan anak tidak punya sistem kekebalan tubuh. Tentu akan mudah terserang oleh virus, kuman, dan bakteri, bukan? Sama seperti anak yang butuh daya tahan tubuh, website kita juga butuh pengaman agar tidak terserang tangan-tangan usil. Bisa-bisa, data penting milik kita dicuri seenaknya.

Mengapa Pengamanan Website Sangat Penting?

Tanpa pengaman, website kita akan berisiko diserang peretas atau hacker. Bagi yang mengelola blog baik berupa blog pribadi maupun website khusus bisnis, tentu saja hal ini akan berdampak buruk karena isi blog kita bisa dilihat dan disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab. Jangan sampai seluruh potential customer kabur karena website yang tidak aman.

Jangan mengira keberadaan hacker hanya ada di film-film atau bahkan berada di luar negeri. Justru, di dalam negeri kita pun ancaman hacker selalu mengintai. Dilansir dari data Kaspersky, Indonesia termasuk salah satu negara yang tercatat memiliki serangan hacker terbanyak.

  • Pakistan 54% 54%
  • Mesir 53% 53%
  • Meksiko 47% 47%
  • Indonesia 46% 46%
  • Spanyol 45% 45%

Ketua ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) (ID-SIRTII) tahun 2015, Rudi Lumanto, bahkan pernah menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara asal hacker terbanyak di dunia. Bayangkan, dibandingkan dengan Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat yang memiliki penduduk lebih banyak, ternyata hacker di Indonesia lebih banyak!

%

Indonesia

%

Republik Rakyat Tiongkok

%

Amerika Serikat

Bagaimana Cara Kita Melindungi Website?

Jika untuk melindungi rumah kita bisa memasang pagar, maka supaya website kita tetap aman, kita bisa melakukan beberapa cara. Perlu sekali untuk melakukan backup rutin sekaligus update perangkat lunak terbaru, memasang firewall sebagai peranti pemblokir serangan hacker, dan tak lupa pula menggunakan layanan SSL. Jika begitu, maka website kita memiliki tingkat pengamanan yang lebih baik.

Apa Itu SSL?

SSL (Secure Socket Layer) merupakan jalur pengaman website. SSL akan membuat sebuah jalur yang terenkripsi mulai dari server serta web browser. Saat pengunjung mengakses website yang sudah dipasangi SSL, maka seluruh aktivitas pada website tersebut akan berlangsung dengan aman. Pengiriman data seperti password, email, dan lain sebagainya sulit dilihat oleh hacker.

Mengapa Kita Harus Memasang SSL?

Wajib hukumnya untuk memiliki sertifikat SSL jika pada website kita terdapat hal yang perlu diotentifikasi. Misalnya saja pada situs jual-beli online, pembeli memasukkan data pribadi seperti alamat email, nama, nomor telepon, alamat pengiriman, bahkan nomor rekening bank. Server apa pun bisa berpura-pura menjadi server kita dan mencuri informasi di website. Oleh karena itu, SSL memungkinkan identitas server terlihat jelas.

SSL menjadi sangat penting jika kita ingin dipercaya. Dengan memasang SSL, pengunjung bisa melihat bahwa website kita adalah website yang terpercaya. Hal ini sama ibaratnya saat kita ingin melamar pekerjaan atau beasiswa, biasanya tidak hanya data seperti kartu identitas dan  ijazah saja yang diminta, tetapi juga SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang menyatakan kita bersih secara hukum.

Terkadang, tergantung oleh wilayah, ada aturan hukum tertentu yang mewajibkan kita memasang SSL. Contohnya, jika website tersebut bergerak di industri keuangan atau sektor bisnis, maka kita wajib memberi lapisan pertahanan dengan SSL. Hal ini dikarenakan website yang bergerak di bidang tersebut sangat rentan terhadap serangan.

Memasang SSL juga berpengaruh besar terhadap kenaikan peringkat website kita di internet. Google memiliki algoritma yang mengutamakan website bersertifikat SSL. Bahkan, Google sudah mengimbau penggunanya untuk berhati-hati saat mengunjungi website yang tak bersertifikat SSL. Riset membuktikan bahwa website dengan SSL memiliki posisi lebih tinggi di mesin pencari dibandingkan yang tidak.

Trik Membedakan Website yang Menggunakan SSL

Mudah sekali untuk melihat apakah suatu website aman atau tidak. Paling mudahnya, bisa kita lihat melalui keterangan http dan https. Jika ada tambahan huruf ‘s’ pada http, itu artinya website sudah menggunakan SSL. Huruf ‘s’ tersebut menandakan secure atau aman. Jika menggunakan SSL, maka muncul ikon gembok berwarna hijau di atas browser yang kita pakai. Tidak hanya itu, kita bisa menekan ikon tersebut sehingga melihat informasi jelas SSL yang digunakan website.

Saat ini, sangat mudah melihat jika sebuah website tidak aman. Akan ada kalimat “Not Secure” yang menandakan bahwa website yang dikunjungi tidak terproteksi. Waspadalah untuk melakukan aktivitas di website seperti ini karena keamanannya tidak terjamin.

Website bertanda gembok (bisa berwarna abu-abu maupun hijau) menjadi tanda bahwa koneksi pada website tersebut sudah aman. Jika memasukkan data, maka data tersebut akan melalui proses enkripsi yang tentunya aman. Terlebih lagi, jika menekan tanda gembok tersebut, kita bisa melihat dari mana sumber sertifikat SSL tersebut berasal. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengetahui masa berlaku sertifikat SSL yang dimiliki suatu website dengan menekan kalimat Certified.

Mau Pasang SSL, Bagaimana Caranya?

Jika hati sudah mantap untuk beli SSL, sebenarnya banyak sekali penyedia SSL yang beredar baik di Indonesia bahkan juga luar negeri. Akan tetapi, ada keuntungan tersendiri jika kita memesan SSL melalui perusahaan Indonesia. Selain bisa melakukan pembayaran melalui mata uang rupiah, kita juga dimudahkan dengan pelayanan yang berbahasa Indonesia.

Dari sekian banyak penyedia tersebut, kita harus memilih satu yang terbaik agar biaya yang kita bayarkan sebanding dengan kualitas yang didapat. Tentu kita tidak ingin dipusingkan dengan cara pemasangan dan lainnya, bukan? Maka dari itu, kita hanya perlu memilih penyedia layanan SSL terlengkap yang menyesuaikan sertifikat SSL sesuai kebutuhan kita.

SSL Indonesia, Penyedia SSL Terpercaya

SSL Indonesia dapat menjadi jawaban bagi kita yang sedang bingung bagaimana cara memiliki sertifikat SSL.

SSL Indonesia merupakan penyedia sertifikat keamanan SSL beserta pembaharuannya. Dibentuk oleh PT Glous Tech Info, SSL Indonesia hadir menjawab permasalahan mengenai sistem keamanan internet. SSL Indonesia sendiri hanya mengutamakan penjualan jasa sertifikat SSL sehingga benar-benar fokus bergelut dalam bidang SSL.

Kenapa Harus SSL Indonesia?

1. Pelayanan Terbaik

Seluruh staf SSL Indonesia adalah tenaga kerja berdedikasi yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menjalankan tugas. Jika butuh tenaga ahli yang sudah lama berkecimpung di dunia SSL, maka SSL Indonesia-lah jawaban yang tepat untuk kita. Kita juga dapat dengan mudah menghubungi pihak SSL Indonesia baik melalui email, telepon, maupun langsung berkunjung ke website SSL Indonesia. Seluruh konsultasi diberikan secara gratis. Jadi, jika kita bingung bagaimana memilih produk SSL yang tepat, cara instalasi serta konfigurasi dan lain sebagainya, cukup hubungi customer service SSL Indonesia. Mereka dengan ramah melayani kita.

2. Telah Tersertifikasi

SSL Indonesia sebagai layanan pemasangan sertifikat SSL telah tersertifikasi oleh Kore Information Certificate Authority. Sertifikat yang diberikan pada 14 Maret 2019 ini menandakan bahwa SSL Indonesia merupakan distributor yang telah terautorisasi.

3. Sertifikat Berlaku Universal

Sertifikat SSL dari SSL Indonesia ini sudah teruji sekaligus terbukti di seluruh dunia. Maka, layanan sertifikat SSL ini dipercaya oleh 99.9% populasi internet. Sertifikatnya pun sudah mendukung penggunaan perangkat apa pun, baik komputer, laptop, tablet, maupun telepon genggam. Sertifikat akan tetap ada pada browser apa pun.

4. Teknologi Canggih

Teknologi yang digunakan SSL Indonesia merupakan teknologi canggih yang terus diperbarui. Contohnya saja, enkripsi datayang digunakan terdiri dari 2.048 bit token keamanan serta 256 enkripsi. Jumlah ini termasuk tingkat keamanan tertinggi SSL. Selain itu, SSL Indonesia menyediakan teknologi verifikasi data secara real-time dengan adanya point-to-verify.

5. Banyak Varian SSL

Tidak seperti perusahaan-perusahaan lain yang hanya bekerja sama dengan brand SSL tertentu, SSL Indonesia memungkinkan kita memiliki akses ke vendor Digicert, Symantec, GeoTrust, Sectigo, RapidSSL, hingga Thawte. Adanya akses langsung kepada vendor-vendor tersebut memudahkan SSL Indonesia dalam mengatasi setiap permasalahan yang kita miliki.

6. Sistem Validasi Cepat

Cukup menggunakan validasi domain, sertifikat SSL dapat terpasang di website kita. Tentunya ini menjadi salah satu keunggulan SSL Indonesia. Sementara itu, para pesaingnya rata-rata menggunakan sistem validasi yang begitu rumit hanya untuk tujuan yang sama.

7. Harga Terjangkau

Sebagai orang awam, kita mungkin tidak terlalu mengerti tentang dunia per-SSL-an. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin kita justru ditipu oleh oknum tertentu jika butuh jasa sertifikat SSL. Permainan harga bisa saja dilakukan, bahkan parahnya sertifikat SSL yang dipasang tidak sesuai yang kita minta. Jangan takut hal tersebut akan terjadi sebab SSL Indonesia memberikan daftar harga yang transparan dan bisa dilihat langsung melalui website resmi sslindonesia.com. selain itu, SSL Indonesia memiliki server yang berteknologi SNI (Server Name Indication) sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk IP dedicated agar bisa menggunakan layanan SSL.

8. Garansi 30 Hari

Jika pesaing lainnya memberikan jaminan garansi hanya hingga kurang dari 15 hari, maka SSL Indonesia patut diacungi jempol. Kita bisa mendapatkan jaminan uang kembali dalam waktu 30 hari jika tidak puas dengan pelayanan yang ada. Melakukan pengamanan dalam website bukanlah perkara mudah. Tentu kita tidak ingin membeli sertifikat dari perusahaan yang tidak punya kepastian atau jaminan, bukan?

9. Terpercaya

Selain memberikan penawaran SSL yang terjamin yang bisa dipesan dengan mudah melalui situs online, SSL Indonesia memiliki lokasi fisik yakni di Jl. Kebon Jeruk Raya, Komp. Kebon Jeruk Permai, Office Blok C No. 17, Jakarta, 11530, Indonesia. SSL Indonesia bahkan mendapat rating bintang 5 (terbaik) di Google Review.

Jadi, Sudah Siap Menggunakan SSL?

SSL tak lagi dipandang tak penting, namun sudah seakan menjadi kebutuhan. Memiliki website bersertifikat SSL sangat penting untuk keamanan dan perkembangan website ke depannya. Jangan takut menggelontorkan dana besar untuk memiliki sertifikat SSL, sebab SSL Indonesia menyediakan SSL murah mulai dari Rp70.000 per tahun hingga jutaan rupiah per tahunnya tergantung pada jenis dan vendor SSL.

Kembali lagi ke kita masing-masing, sudah siapkah membuat hacker mundur duluan saat ingin mengacak website kita? Jika memasang SSL, tentu website akan aman dari tangan-tangan jahil manusia. Segala usaha mengembangkan website tak akan sia-sia. Website tercinta milik kita pun akan panjang usia.