-As long as you’re still breathing, what’s the matter?-

Menu

Home

Contact

My Journey

Achievements

Pengertian PET/CT Scan, Risiko, Serta Persiapannya

Mar 13, 2020 | Health

Para pejuang kanker tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah PET/CT scan, namun tak begitu bagi orang awam. Banyak yang bertanya pada saya, apa itu PET/CT scan, seperti apa rasanya, dan lain sebagainya. Tak jarang pula ada yang melakukan kesalahan penyebutan, mulai dari PEP scan, PET city scan (city mana yang mau di-scan?), bahkan PET shop (tolong, kami masih manusia).

PET/CT scan machine

sumber: medicalnewstoday.com

 

Apa itu PET/CT Scan?

PET/CT scan sebenarnya adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit di dalam tubuh, biasanya berupa kanker hingga gangguan fungsi otak, saraf, dan jantung. PET sendiri merupakan kependekan dari positron emission tomography. PET scan melibatkan zat radioaktif (radiotracer) yang disuntikkan ke tubuh pasien. Sementara itu, CT merupakan singkatan dari computed tomography. CT scan mengandalkan sinar X untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh. Jadi, PET/CT scan merupakan metode pemindaian yang menggunakan sinar X dan zat radioaktif sekaligus. Hasil PET/CT scan pun lebih akurat jika dibandingkan dengan PET scan atau CT scan saja.

radiotracer

source: liberaldictionary.com

 

Apa PET/CT Scan Ada Risikonya?

Sinar radiasi yang digunakan dalam PET/CT scan punya dosis yang sangat kecil. Tubuh manusia pun bisa menoleransi sinar tersebut. Meskipun tak menimbulkan risiko yang berbahaya, sebaiknya PET/CT scan tidak dilakukan pada ibu hamil atau anak-anak. Begitu pula, pasien yang selesai melakukan PET/CT scan juga dilarang untuk berdekatan dengan ibu hamil serta anak-anak setidaknya dalam kurun waktu 24 jam.

no exercise today

source: countoncross.wordpress.com

Risiko lain yang mungkin terjadi pada pasien adalah alergi terhadap obat yang disuntikkan ke dalam tubuh. Jika pasien sudah mengetahui ada alergi terhadap obat tertentu, konsultasikan dulu dengan petugas kesehatan yang menangani. Sementara itu, jika tubuh alergi sudah telanjur terjadi, beri tahu pula petugas secepatnya.

 

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum PET/CT Scan?

don't eat

source: steemitimages.com

Puasa menjadi hal yang wajib kita lakukan. Kita harus berpuasa makan sekitar 6 hingga 8 jam sebelum pemeriksaan dimulai. Akan tetapi, jangan khawatir. Kita tetap diperbolehkan minum air putih. Air putih, ya. Jangan sampai ada kandungan lain seperti gula dan semacamnya. Kita juga tak diperbolehkan untuk berolahraga berat 1-2 hari sebelum scan. Jangan bandel dengan diam-diam melanggar aturan yang ada. Tak ingin hasil tes jadi tak akurat, bukan?

 

Seperti Apa Rasanya PET/CT Scan?

Pengalaman pribadi saya dapat sobat baca di sini. Sementara itu, umumnya pemeriksaan tidak akan menimbulkan rasa sakit. Kadang kala, ada pasien yang merasa tidak nyaman saat radiotracer disuntikkan ke dalam tubuh. Meskipun begitu, rasa tersebut cepat hilang. Jadi, PET/CT scan sebenarnya tidak semengerikan yang sobat pikirkan. Tak ada setruman listrik. Sinar radiasi juga tak terlihat begitu saja di mata kita. Tidak seperti cyclops ala serial film X-Men yang bisa mengeluarkan sinar laser dan meluluhlantakkan bangunan, sinar yang digunakan PET/CT scan bahkan tak kita sadari.

About Me

Gadis kelahiran 2000 yang menjadi cancer survivor sejak usia 17 tahun. Karena tak tahu hingga kapan akan bertahan, ia pun mulai meninggalkan jejak-jejak berupa tulisan. Seluruh isi blog ini merupakan buah pikirannya.

What Are You Looking For?

What’s in My Blog?

Day by Day

Member of:

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sembuh dari Kanker Limfoma Hodgkin Setelah Berjuang Tiga Tahun - Vivi Yunika - […] 24 Maret 2020, saya melakukan PET scan untuk ketiga kalinya. jika pada PET scan pertama hasilnya memuaskan, PET scan…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *